Incident handling dapat didefinisikan sebagai sebuah proses perencanaan dan penanganan terhadap intrusi, pencurian data, denial of service, rootkit, website defacement dan peristiwa keamanan informasi lainnya. Ruang lingkup dalam Incident handling juga mencakup kegiatan yang menggangu kerahasiaan, keutuhan dan ketersediaan informasi baik secara disengaja maupun tidak.
Intinya incident handling ini adalah bagaimana cara kita bertindak ketika incident terjadi dan bagaimana menangani nya.
Pada era digital suatu organisasi/perusahaan tidak lepas dari penggunaan IT untuk membantu operational pekerjaan sehari hari. semakin hari semakin banyak pula aplikasi maupun system yang digunakan oleh perusahaan. dan tentu salah satu dari tools IT itu semua adalah penggunaan INTERNET.
Dengan adanya internet proses kerja dari suatu perusahaan bisa lebih mudah dan sangat terbantu. namun di balik manis nya si INTERNET ini terdapat juga ancaman yang bisa menyerang perusahaan tersebut. salah satu nya ancaman terhadap malware, fraud, exploit dan lain sebagainya.
Ancaman tersebut akan menjadi biasa saja ketika kita tau dan siap untuk menghadapinya. itulah mengapa incident handling ataupun management incident handling perlu. agar kita bisa mempersiapkan hal yang paling buruk sekalipun dari suatu incident sehingga ketika incident itu terjadi proses bisnis dari perusahaan tidak akan terganggu.
Untuk mengantisipasi ancaman dan bagaimana cara bertindak jika terhadi insiden, maka Polines melakukan pelatihan Incident Handling terhadap Dosen dan Staf IT POLINES yang dilaksanakan pada Selasa-Rabu, 14-15 November 2023 di Hotel Norman Semarang.
Tentor yang meberikan materi dan pelatihan dalam pelatihan ini yaitu Bapak TRI FEBRIANTO, CEI., CEH., CHFI., EHE, dari edspert.id. Beliau merupakan praktisi di bidang Security Operation Manager, Ministry of Health of Indonesia, Hackers since 2008, Edspert for Corporations: Cyber Security Mentor, Bug Hunter, Public Speaker, Music Teacher, Karate Trainer.